[Indonesia] FOSS4G Asia

Firman Hadi jalmiburung at gmail.com
Sun Nov 6 22:17:49 EST 2011

On 11/7/11 10:05 AM, Frans Thamura wrote:
> kamu saja yang "nyembah2" pemerintah :)
Wah wah, kok begini kalimatnya. Saya kenal petinggi Bakosurtanal yang
sangat mendukung open source. Mungkin juga atas usaha dia dan
rekan-rekannya di Bakosurtanal, ada payung hukum implementasi penggunaan
perangkat lunak legal
dan atau open source untuk pengolahan data geospasial. Bakosurtanal
sebagai simpul data geospasial tidak mungkin membuat data dan informasi
geospasial sendiri. Bakosurtanal membutuhkan pihak swasta untuk
melakukan itu. Nah, kalau pihak swasta biasa menggunakan perangkat lunak
tidak legal, yang repot kan Bakosurtanal juga. Artinya, ada relung
bisnis bagi kita untuk membantu pemerintah dan swasta dalam penggunaan
perangkat lunak GIS open source.

> kalau saya ke swasta sih sudah jalan :)
Kalau soal ini saya juga sudah tapi menurut saya di milis ini bukan
tempatnya untuk berbicara kita sudah melakukan apa. Alangkah lebih baik
kalau kita berbicara strategi dan program apa yang bisa dilakukan.
Teman-teman di LIPI contohnya, gencar dengan program IGOS Nusantara.
Nah, mungkin kita bisa membantu mereka dalam hal FOSSGIS.
> tapi buat jadi komunitas, mm sepertinya berat nih..

Menurut saya tidak ada yang berat kalau kita bergotong-royong :D

> kecuali ada program yang bisa buat petanya bisa masuk GPS dg gratis ;)
Peta semacam Google Maps, Open Street Map, dalam GIS hanya merupakan
salah satu alat bantu saja. Implementasi GIS open source tidak kaitannya
dengan hal ini :D

Salam,

Firman Hadi
open-geo-solutions.com