[Indonesia] Back..

Firman Hadi jalmiburung at gmail.com
Tue Nov 15 22:26:04 EST 2011

Teman-teman,

Kebetulan tanggal 10 November lalu kami mengadakan International
Workshop dengan pembicara dari Kochi University, Salzburg University,
dan ICRAF. Prof. Matsuoka dari Kochi University presentasi tentang
kegiatan yang dilakukan di universitasnya. Nah, yang membuat menarik
adalah pendapatnya dia bahwa program 'handmade' akan lebih bermanfaat
dan berkembang di universitas dibandingkan program jadi buatan E**I.

Saya kemudian bertanya mengenai pengalaman serta tips dan triknya
sehingga program 'handmade', termasuk open source, bisa berkembang di
komunitasnya. Dia bilang bahwa dokumentasi yang baik adalah kuncinya.
Karena dia profesor, mudah saja dia meminta mahasiswanya untuk membuat
dokumentasi. Dia memberikan semangat kepada mahasiswanya bahwa
dokumentasi yang baik akan membuat ilmu yang telah diperoleh mereka akan
sampai pada generasi berikutnya.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, kami mulai sekarang akan coba menata
kembali strategi agar open source lebih disukai di kampus kami. Kalau
paksaan mah, untuk mahasiswa bimbingan Prof. Ketut Wikantika di sini,
harus pakai open source, misalnya dengan ILWIS. Mungkin nanti, salah
satu tugas mata kuliahnya adalah membuat dokumentasi. Ini salah satu
cara saja, dosen dan profesornya juga harus giat menulis dokumentasi :D

> 8, open to collaboration, sampai nawarin S2-S3 di kampus top jepang..
> :) pasti ngiler
>
> NB: senggol pak firman hadi :)
Untuk kolaborasi, apakah bisa joint research?

Hatur tengkyu.

Salam,

Firman.